Share

Sunday, September 4, 2011

Cara Install Windows 7 di Netbook via USB Flash Disk

Cara Install Windows 7 di Netbook melalui USB Flash Disk

Menginstal sistem operasi baru di netbook tanpa drive CD / DVD harusnya bukan merupakan sesuatu yang sulit dilakukan, salah satunya adalah berkat tools UNetbootin, tapi perlu diketahui ketika melakukan installasi Windows 7 ada beberapa langkah tambahan yang perlu dilakukan sebelum Anda sukses melihat tampilan OS Windows terbaru di netbook Anda.
Dalam panduan ini, saya akan coba memberitahu kepada anda tentang bagaimana caranya membuat USB flash drive bootable baik jika komputer yang digunakan ber operating system (OS) Windows XP atau Windows Vista, kemudian menginstallnya ke USB dan kemudian menginstal Windows 7 ke Netbook Anda dari USB tersebut.
Untuk melakukan proses ini Anda membutuhkan satu buah USB flash disk, dengan kapasitas minimal 4GB, cd/dvd Windows 7,  program untuk mengekstrak isi cd/dvd windows 7, seperti prgram 7-Zip, dan komputer yang di dalamnya telah terinstall Windows XP atau Vista. Untuk Pengguna Windows XP perlu men-download program tambahan yaitu MBRWizard.
Sebelum menginstall, pastikan bahwa netbook anda dapat melakukan boot dari USB, untuk melihatnya dapat dengan masuk ke setting BIOS. Di kebanyakan netbook biasanya dapat dilakukan dengan menekan F2 pada saat mulai booting.
Setelah berada pada setting BIOS, masuk ke tab Boot, dan pastikan bahwa ‘USB HDD’ ada pada daftar urutan prioritas pertama Boot. Jika ya,  seharusnya netbook sudah dapat melakukan boot dari flash drive USB.

Memformat USB Flash Drive

Langkah pertama untuk menginstal windows lewat USB adalah dengan memformat USB tesebut terlebih dahulu agar siap untuk digunakan. Caranya yaitu pada Windows Explorer klik kanan drive USB lalu klik ‘Format.’ File system yang harus pilih adalah NTFS.

Bagi Pengguna Windows XP, jika tidak ada pilihan NTFS pada bagian drop down menu file system, ikuti panduan di bawah untuk dapat memformat USB flash drive dengan file system NTFS.
Aktifkan Partisi USB
Pada poin ini, pengguna Windows XP perlu menginstall program yang bernama MBRWizard. Setelah mendownload file aplikasinya, ekstrak isinya ke drive C, kemudian buka Command Prompt Windows. (Caranya: Klik tombol Start, klik run, tulis ‘cmd‘  dan tekan enter.)
Untuk menggunakan perintah MBRWizard pada command prompt, Anda nantinya akan dapat mengaktifkan partisi, caranya dengan mengetikkan perintah seperti di bawah:
cd \
cd mbrwiz2.0
mbrwiz list
Anda seharusnya sudah melihat gambar screenshot seperti di bawah, USB kita seharusnya ada dalam daftar list tersebut, di dalam bagian ini, Disk 1.

Kemudian ketik perintah berikut:
mbrwiz / disk = X / aktif = 1 (Di mana X adalah nomer Disk Anda)
Ketika muncul pesan “Are you sure you want to set the partition(s) Active?“, Pilih Yes.

Bagi pengguna Windows Vista atau Windows 7 tidak memerlukan aplikasi MBRWizard, melainkan bisa langsung masuk ke command prompt dan ketik perintah berikut:
Diskpart
list disk
Anda perlu untuk mengidentifikasi flash drive USB, dalam tutorial ini adalah adalah Disk 1, lalu ketik perintah berikut:
Select Disk X (X adalah nomer disk anda)
List partition
Select partition 1
Active
Anda seharusnya melihat pesan seperti ini: Diskpart marked the current partition as active.

Ekstrak Windows 7

Cari lokasi image file Windows 7, ekstrak isinya ke folder Windows7 di Drive C yang telah kita buat sebelumnya. File dan folder ini dapat dihapus setelah  selesai melakukan kopi data.

Kembali ke jendela command prompt dan ketik perintah berikut:
cd Windows7 \ boot
bootsect / nt60 X
: (Dimana X adalah huruf drive USB anda – di saya kasus G:)
Kemudian Anda harus melihat:

Langkah terakhir agar USB drive anda siap untuk ditempatkan Windows 7, dimana UNetbootin berada
Setelah program UNetbootin diinstal, pilih Diskimage, dan browse ke file image Windows 7, lalu pilih USB yang telah anda persiapkan, lalu klik OK.

UNetbootin memerlukan waktu sekitar 15 sampai 30 menit untuk menyalin file dari komputer ke USB anda.

Menginstall Windows 7

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menginstall Operating System baru. Colokkan USB flah disk ke port USB netbook, lalu nyalakan netbook. Ketika netbook mulai melakukan proses booting, masuk ke boot menu. Jika anda menggunakan netbook ACER, tekan tombol F12 pada keyboard, tetapi pada beberapa merk netbook lain dapat dilakukan dengan menekan tombol ESC.
Setelah berada di Boot Menu, pilih opsi boot dari flash drive USB, setelah semua disetting simpan perubahan. Setelah perubahan tersimpan maka netbook akan melakukan restart dan kemudian akan masuk setup menu Windows 7.
Jika anda melakukan upgrade Windows 7 dari Windows Vista, Anda masih dapat menggunakan program file dan pengeturan-pengaturan, tetapi jika melakukan upgrade dari XP hal ini tidak mungkin. Clean install diperlukan, tetapi semua file dan folder Anda yang ada dalam XP secara otomatis akan disimpan di folder di drive C, berlabel Windows.

No comments:

Post a Comment